8 BAHAN POKOK BAKING YANG HARUS ADA ALA DILAN 1990



Agar kalian para pemula untuk dapat mengerti bahan yang penting yang perlu disiapkan di dapur, berikut adalah list bahan yang wajib kamu miliki di dapur kamu. Dan biar lebih mudah di ingat, artikel ini akan menganalogikan (eass) bahan-bahan dengan film Dilan 1990.


1. TEPUNG TERIGU



Roti tanpa tepung itu bagaikan film Dilan 1990 tanpa Dilan. Kosong! Tepung Terigu adalah dasar dan pondasi dari semua resep pastry sehingga Tepung Terigu adalah bahan yang wajib untuk dimiliki bagi yang ingin mulai belajar untuk menjadi baking chef yang handal. Sama seperti Dilan, kalau tidak ada tepung, pastry yang dibuat artinya masih belum afdol. Ada berbagai macam tepung terigu tersedia di pasaran, Cuma untuk pemula ambil saja yang warnanya biru dan bentuk logonya segitiga 😊


2. MENTEGA/ MARGARIN



Kalau tepung terigu bagiakan Milea di film Dilan 1990, maka mentega/ margarin ini bagaikan Milea. Anyep! Mentega/ Margarin ini sering sekali disalah pahami oleh para pemula karena konsep yang selama ini tidak jelas. Jadi pada artikel ini akan dijelaskan dengan tabel diatas. Dicatat ya gengs!


3. TELUR



Nah, kalau tepung terigu itu Dilan dan margarin itu Milea, maka yang cocok untuk dianalogikan untuk telur adalah cinta diantara mereka berdua <3. Ini bisa dianalogikan seperti ini karena tugas dari telur sejak jaman bahula, adalah untuk menyatukan seluruh komponen yang dicampurkan. Bisa dicek, untuk kue dan roti dengan resep tempo doeloe, biasanya menggunakan telur yang cukup sehingga memberi rasa dan tekstur yang sangat khas. Untuk telur tidak perlu dijelaskan lebih ya, karena ini harusnya sudah jadi pengetahuan umum. Kalau ga tau, #keterlaluan


4. GULA



Gula juga adalah bahan yang sangat mendasar untuk baking maupun untuk masakan pada umumnya. Umumnya Gula Pasir berasal dari tebu dan memberikan rasa manis pada masakan. Selain itu, gula juga berfungsi untuk mengaktifasi ragi yang akan tercantum pada nomor 8. Jika di analogikan pada film Dilan 1990, maka gula ini adalah seperti senyuman Milea. Sama-sama manisnya. Di CapCendrawasih, kita ada menyediakan Brown Sugar alias Palm Sugar yang mana bisa dipakai untuk kue tempoe doeloe hingga untuk disajikan dengan kopi kekinian #kayakaren.


5. BAKING POWDER



Ini kita sudah sampai ke nomor 5 dimana bahan ini dan kedepan adalah bahan yang tidak umum pada masakan, tetapi sangat penting untuk memasak masakan pastry. Baking Powder ini seperti gombalan Dilan yang diberikan ke Milea (kalian bisa lihat disini berapa pentingnya gombalan pada film Dilan). Kegunaannya yaitu untuk mengembangkan kue atau roti sehingga roti memiliki tekstur dan juga lebih bervolume ciri khas masakan pastry. Sama kan seperti gombalan Dilan itu memberi ciri khas pada film Dilan 1990.


6. PEWARNA MAKANAN



Pewarna makanan ini adalah salah satu hal sangat underrated alias sering di anggap sebelah mata karena sifatnya yang ‘tidak terlalu penting’. Tapi untuk para chef professional, pewarna ini adalah salah satu bahan rahasia agar kue dan masakan menjadi lebih menarik dan menggugah selera. Ini dikarenakan pada proses memasak, terkadang panas yang dihasilkan oleh oven dapat membuat warna kue menjadi pudar, maka dari itu kegunaan pewarna adalah untuk mempertahankan warna dari kue dan roti yang dimasak. Jika di bandingkan dengan tokoh yang ada di Dilan, maka pewarna makanan ini seperti Jaket Dilan karena sekilas tidak begitu penting, akan tetapi jika ditelaah, kita mengenang film Dilan dari Jaket Dilan yang khas.


7. EMULSIFIER (SP, OVALET, TBM)



Emulsifier atau pengemulsi adonan adalah zat tambahan pangan yang memiliki multi fungsi pada proses pembuatan kue. Pertama, Emulsifier berfungsi sebagai ‘telur’ dimana zat yang ada menyatukan air dengan minyak. Selain itu Emulsifier juga berfungsi untuk membuat pori dan tekstur pada kue menjadi lebih halus dan enak di mulut. Perbedaan SP, OVALET dan TMB bisa di cek disini. Pada film Dilan 1990, Emulsifier ini seperti orang sepeda motor Dilan yang digunakan untuk mempersatukan dirinya dengan Milea serta geng motornya (ini bagaikan air).


8. BREAD IMPROVER/ RAGI



Hal yang tidak kalah penting dengan yang diatas adalah bread improver atau ragi. Sebenarnya ragi dan bread improver ini adalah hal yang berbeda, tetapi fungsi dari keduanya sama sehingga kamu bisa pilih mana yang lebih cocok. Bread Improver adalah zat yang menggunakan enzyme dimana dapat memperhalus serta mengembangkan roti lebih baik lagi. Perbedaannya dengan baking powder itu adalah bread improver bereaksi tanpa adanya panas. Akan tetapi tidak seluruh adonan cocok jika menggunakan bread improver karena penggunaan kadarnya yang sangat terbatas dan dapat membuat rasa pada kue menjadi berbeda. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan Bread Improver dengan Ragi, bisa cek disini. Jika dibandingkan dengan tokoh yang ada pada film Dilan 1990, maka bread improver ini cocok seperti mantan Milea, Beni (perlu ada untuk membuat film menjadi lebih menarik secara cerita).


Semoga Bermanfaat!


16 views0 comments

Recent Posts

See All